Pengumuman

Bila tulisan yang Anda cari tidak ada di blog ini, silakan kunjungi hurahura.wordpress.com

Sabtu, 07 Februari 2009

Benteng Vastenburg: Pemilik Dituding Lakukan Pelanggaran

Views


Solo, Kompas - Pemilik Benteng Vastenburg di Kota Solo, Jawa Tengah, dinilai telah melakukan pelanggaran karena membiarkan perusakan berlangsung terhadap bangunan-bangunan yang ada di dalam situs yang dilindungi oleh Undang-Undang Benda Cagar Budaya Nomor 5 Tahun 1992. Seluruh bangunan di dalam benteng seluas 5,4 hektar yang kini dimiliki swasta itu kini telah rata dengan tanah.

Subdit Perlindungan Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Hardini Sumono dalam pertemuan antara rombongan dari Pusat Dokumentasi Arsitektur Indonesia (PDAI) dan Wali Kota Solo, Kamis (5/2), menegaskan, sekalipun menurut undang-undang peralihan benda cagar budaya diperbolehkan dengan regulasi pemerintah, tetapi pihak pemilik wajib menjaga dan melestarikannya.

”Kalau betul informasi bahwa semua bangunan yang ada di dalam benteng telah sama sekali rusak, berarti dia telah melakukan pelanggaran,” ujar Hardini.

Informasi tentang kondisi mutakhir benteng peninggalan Belanda yang dibangun tahun 1775 disampaikan oleh Ali Syaifullah dari Komunitas Peduli Cagar Budaya Nusantara.

Bambang Eryudhawan dari PDAI yang menyusun skripsinya di ITB tentang Benteng Vastenburg pada tahun 1987 menyebutkan, pada saat itu seluruh bangunan di dalam benteng masih cukup lengkap seperti pada masa kolonial dulu.

Rombongan PDAI ini disertai dua pakar dari Belanda, yakni Cor Passchier (ahli konservasi benteng) dan Hans Bonke (ahli sejarah benteng). Dari sekitar 279 benteng bekas peninggalan Belanda di Indonesia, Cor Passchier menunjukkan tiga contoh, yaitu Benteng Rotterdam di Makassar, Benteng Malborough di Bengkulu, dan Benteng Vastenburg di Solo; Vastenburg-lah yang dinilai paling besar dan megah. (ASA)

(Sumber: Kompas, Sabtu, 7 Februari 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKU-BUKU JURNALISTIK


Kontak Saya

NAMA ANDA :
EMAIL ANDA :
PERIHAL :
PESAN :
MASUKKAN KODE BERIKUT :