Pengumuman

Bila tulisan yang Anda cari tidak ada di blog ini, silakan kunjungi hurahura.wordpress.com

Sabtu, 07 Februari 2009

Cagar Budaya: Dua Situs Bersejarah Terbengkalai

Views


Kediri, Kompas - Situs Tondowongso dan situs Sumbercangkring di Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, kondisinya telantar. Kedua lokasi penemuan sejumlah benda bersejarah itu dibiarkan tak terawat.

Rumput liar dibiarkan tumbuh lebat sehingga menutupi lokasi situs. Lubang-lubang bekas galian dibiarkan menganga. Sebagian lubang itu tertutup tanah galian yang terbawa aliran air hujan. Akses jalan menuju ke lokasi juga tertutup rumput liar.

Kepala Bidang Sejarah Nilai Tradisional Museum dan Kepurbakalaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Rubi Hari Santoso, Jumat (6/2), mengatakan, hingga Februari 2009 belum ada kejelasan mengenai kelanjutan penggalian situs.

Situs Tondowongso berlokasi di Desa Tondowongso, sedangkan situs Sumbercangkring terletak di Desa Sumbercangkring. Situs Tondowongso ditemukan warga pada 2007. Sedikitnya ada 14 arca berbagai bentuk ditemukan di lokasi yang luasnya mencapai 1.000 meter persegi tersebut.

Penggalian situs Tondowongso sempat dilanjutkan pada pertengahan 2008 oleh Balai Arkeologi Yogyakarta untuk mengungkap batas utara dan batas timur bangunan. Namun, upaya penelitian itu terkendala oleh pembebasan lahan yang tidak berjalan lancar.

Suradi, mantan Kepala Bidang Seni dan Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, mengatakan, rencananya penggalian situs Tondowongso dilanjutkan tahun ini. (NIK)

(Sumber: Kompas, Sabtu, 7 Februari 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKU-BUKU JURNALISTIK


Kontak Saya

NAMA ANDA :
EMAIL ANDA :
PERIHAL :
PESAN :
MASUKKAN KODE BERIKUT :