Pengumuman

Bila tulisan yang Anda cari tidak ada di blog ini, silakan kunjungi hurahura.wordpress.com

Kamis, 31 Desember 2009

Telur Dinosaurus Berusia 65 Juta Tahun Ditemukan

Views


Chennai, Jumat - Para ahli geologi India mengumumkan telah menemukan sebuah kluster berisi fosil telur-telur dinosaurus. Fosil telur yang diperkirakan sudah berusia sekitar 65 juta tahun itu ditemukan di sebuah kampung di Tamil Nadu, India selatan.

Tidak hanya telur, para ahli geologi itu juga menemukan potongan-potongan tubuh dinosaurus. ”Kami menemukan ada berlapis-lapis bulatan telur dan juga bagian-bagian tubuh dinosaurus. Setiap kelompok (kluster) berisi sekitar delapan telur,” kata M Ramkumar, ahli geologi dari Universitas Periyar, yang memimpin tim survei kepada surat kabar The Hindu, Kamis (1/10).

Dia menjelaskan, telur-telur itu rata-rata berdiameter 13-20 sentimeter (5-8 inci), terletak di dalam sarang yang terbuat dari pasir selebar sekitar 1,2 meter (4 kaki). Penemuan yang mencengangkan itu terjadi dalam sebuah survei atau studi yang didanai Pemerintah India dan institusi ilmiah dari Jerman.

Kelompok telur-telur itu berada di bawah abu hasil letusan gunung berapi di dataran Deccan, yang menurut geolog bisa membuat dinosaurus punah. Situs sarang dinosaurus ini ditemukan tepatnya di sepanjang tepi dan dasar Sungai Cauvery. Tidak hanya kluster-kluster fosil telur dinosaurus, tetapi juga kotor- an dan sisa-sisa tulang dinosaurus.

Tempat di mana fosil telur dinosaurus ditemukan itu, diduga, merupakan tempat permanen yang selalu didatangi dinosaurus untuk berkembang biak. ”Kemunculan telur-telur yang tidak menetas dalam jumlah besar pada berbagai tingkat stratigrafik menunjukkan bahwa dinosaurus selalu kembali ke situs yang sama untuk bersarang,” kata Anbarasu, anggota tim survei yang lain.

Para peneliti telah meminta pejabat setempat untuk mengamankan situs tersebut karena sejak penemuan serupa di utara India, muncul aksi penjarahan fosil. (REUTERS/CAL)

(Kompas, Sabtu, 3 Oktober 2009)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKU-BUKU JURNALISTIK


Kontak Saya

NAMA ANDA :
EMAIL ANDA :
PERIHAL :
PESAN :
MASUKKAN KODE BERIKUT :