Pengumuman

Bila tulisan yang Anda cari tidak ada di blog ini, silakan kunjungi hurahura.wordpress.com

Minggu, 22 Maret 2009

Makin Terbukti, Sindangbarang Kaya Situs Megalitik

Views


Depok, Kompas Sebanyak 57 situs purbakala ditemukan di Kampung Sindangbarang, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Taman Sari, sekitar lima kilometer dari Istana Bogor. Semula, batu-batu besar itu dianggap biasa oleh warga setempat, tetapi tokoh masyarakat Ahmad M Sumawijaya melacak dan menemukan batu-batu besar itu berada di wilayah yang luas dengan kerapatan tinggi.

Tim Arkeologi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (UI), Depok, mengunjungi sebagian kecil yaitu enam situs megalitik di Sindangbarang itu.

Menurut Dr Agus Arismunandar, arkeolog UI, Selasa (30/5), enam situs megalitik itu adalah mata air Jalatunda berukuran 2m x 1 m dengan kedalaman 1,5 m dan Taman Sri Bagenda berupa kolam 45 x 15 m. Selain itu, ada juga punden Majusi, bukit kecil berundak, dan punden Surawisesa, serta punden Leuweung Karamat dan Saunggalah.

Dari survei tim UI ini, kata Agus, tidak diragukan lagi bahwa Sindangbarang dan sekitarnya kaya dengan kepurbakalaan berupa megalitik. Situs-situs ini kini berada di tengah perkampungan penduduk, persawahan, atau lahan yang dikeramatkan. Tetapi tidak tertutup kemungkinan banyak situs yang rusak dan hilang.

"Lereng timur Gunung Salak sangat kaya dengan benda purbakala," kata Agus. Namun, kata arkeolog ini, yang perlu dikaji, peninggalan megalitik ini dari masa prasejarah atau dari tradisi megalitik yang berlanjut atau era sejarah.

Tiga puluh tahun silam, 1976, peneliti Belanda menemukan guci berisi tulang belulang manusia yang hancur di Bogor barat. Setelah itu, tak ada lagi laporan terkait kepurbakalaan. Laporan terbaru ihwal megalitik muncul lagi pada April 2006. Kebudayaan megalitik sebagai tradisi masih dikenal di Indonesia. Masyarakat masih menghormati batu-batu alami yang dianggap keramat. (KSP)

(Kompas, 31 Mei 2006)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKU-BUKU JURNALISTIK


Kontak Saya

NAMA ANDA :
EMAIL ANDA :
PERIHAL :
PESAN :
MASUKKAN KODE BERIKUT :